PENDAFTARAN SMK DAN SMP KI HAJAR DEWANTARA TELAH DIMULAI, SILAHKAN DAFTARKAN DIRI ANDA SECEPATNYA

Sabtu, 23 April 2011

KI HAJAR DEWANTARA

SISTEM AMONG YANG SEMAKIN TERLUPAKAN



Seperti yang terungkap dalam pelajaran sejarah bangsa, setiap memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pada tanggal 02 Mei, pasti terkenang dengan jasa-jasa perjuangan Ki Hadjar Dewantara. Beliau diberikan gelar sebagai Bapak Pendidikan Nasional, karena telah meletakkan fondasi utama pergerakan kebangkitan dunia pendidikan bangsa yang tengah terpuruk pada era kolonialisme. Perjalanan bangsa telah banyak mendapatkan teladan beliau dalam mengembangkan proses belajar mengajar melalui Yayasan Pendidikan Taman Siswa yang didirikannya. Konsep ajaran dasar yang beliau cetuskan menjadi pedoman dalam memotivasi perkembangan bidang pendidikan maupun bidang pembangunan yang lainnya.
Pada poster dinding sekolah akan selalu terpajang tiga poin pokok ajaran dasar beliau, sehingga setiap saat bisa diingat ketika belajar berinteraksi bersama semua siswa. Prinsip ajaran abadi yang bersifat universal, sebagai acuan menumbuhkan semangat menimba ilmu pengetahuan, mengasah karakter pribadi, dan menambah ketrampilan individu.
1. Ing Ngarsa Sungtulada (di depan memberi teladan)
  • Berusaha menjadi suri teladan terbaik bagi diri sendiri, keluarga, dan bangsa
2. Ing Madya Mangun Karsa (di tengah menciptakan peluang untuk berprakarsa)
  • Berupaya membangun kreatifitas pengembangan diri dalam setiap kesempatan
3. Tut Wuri Handayani (di belakang memberi dorongan)
  • Berusaha mengarahkan motivasi sosok personal demi kemajuan bersama
Bangsa Indonesia sudah mewarisi sikap luhur pahlawan sejati dan perlu meneruskan buah pemikiran Ki Hadjar Dewantara, tentang tujuan pendidikan nasional yakni memajukan kualitas semua komponen anak bangsa secara keseluruhan. Arah tujuan hakiki bagi kemanusiaan, tanpa membeda-bedakan asal-usul, agama, etnis, suku, budaya, adat, kebiasaan, status ekonomi, status sosial, dan sebagainya. Konsep pendidikan terpadu yang harus didasarkan kepada nilai-nilai kemerdekaan yang asasi.
Buat semua pihak yang terkait dengan dunia edukasi, dari prasekolah, tingkat dasar sampai perguruan tinggi, selamat memperingati hari pendidikan nasional, dalam semangat untuk meningkatkan mutu pendidikan yang berkelanjutan bagi generasi penerus bangsa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar